Pasta Gigi Mengandung Bahan Berbahaya? Kenali 4 Jenisnya

Kesehatan Gigi - Pasta gigi adalah salah satu bahan utama yang dibutuhkan saat anda ingin merawat gigi anda agar tetap sehat dan bersih. Jika anda tidak rajin menyikat gigi maka sisa makanan pada gigi akan bercampur menjadi bakteri dan membuat gigi anda tidak sehat dan rusak.

Namun tahukah anda bahwa pasta gigi juga ternyata memiliki beberapa kandungan bahan yang juga bisa berbahaya bagi anda. Bahan berbahaya itu berupa bahan yang mengandung zat kimia dimana di satu sisi juga dibutuhkan untuk merawat gigi namun di sisi lain saat penggunaannya tidak sesuai dan berlebihan maka akan membuat bahan tersebut menjadi berbahaya.

Di bawah ini adalah beberapa jenis bahan yang berbahaya bagi anda yang terkandung dalam pasta gigi.

Pasta Gigi Mengandung Bahan Berbahaya

Berikut 4 Jenis Kandungan Dari Pasta gigi yang Berbahaya

1. Triclosan.

Anda pasti tidak asing dengan istilah ini, sebab di hampir semua label pasta gigi akan terpampang triclosan sebagai bahan yang terkandung dalam pasta gigi. Triclosan merupakan antiseptik adiktif yang terkandung dalam pasta yang berfungsi untuk mencegah radang gusi. Namun anda harus tahu bahwa penggunaan triclosan juga ada pa sebagian besar sabun bakteri.Nmaun menurut Food and Drug Administration (FDA), yakni badan federal yang bergerak di bagian kesehatan dan pelayanan masyarakat mengizinkan penggunaan triclosan dengan alasan bahwa tak ada bukti cukup kuat melarang triclosan dicampur dalam komposisi pasta gigi. Tetapi di beberapa sisi telah terbukti bahwa triclosan mampu merusak fungsi endokrin. Bahkan beberapa penyakit kronik seperti kanker hati atau sirosis juga bisa terjadi karena penggunaan triclosan.

2. Microbeads.

Microbeads merupakan butiran super kecil dimana jenis microbeads ini umumnya ditemukan dalam detergen. Microbeads ini juga bisa kamu temukan di pasta gigi yang berfungsi untuk scrubbing gigi anda. Meski microbeads tidak begitu berbahya namun saat tapi masalah yang muncul ketika microbeads justru masuk ke dalam sistem air. Sebab dengan ukuran kecil maka ia sangat sulit tersaring oleh pengelola limbah dan akan dimakan oleh hewan laut saat ia sampai disana. Jika telah terjadi seperti itu maka membuat rantai makanan tercemar termasuk manusia.

3. FD&C Blue 1.

Pada riset yang dilakukan oleh Environmental Working Group, organisasi lingkungan Amerika menemukan bahwa FD&C Blue 1 adalah zat warna sintetis yang diproduksi dari minyak bumi, yang dapat terakumulasi dalam tubuh dari waktu ke waktu. Para ilmuwan tidak yakin risiko dari zat ini, namun menurut Center for Science in the Public Interest, yakni kelompok nirlaba pengawas dan advokasi konsumen yang melakukan advokasi untuk makanan aman dan sehat, di Washington D.C, Amerika Serikat, menyatakan umumnya pewarna makanan berpotensi menyebabkan alergi, ADHD, dan kanker.

4. Sodium Lauryl Sulfate (SLS).

Salah satu bahan yang pasti ada dalam pasta gigi adalah SLS. Yang mana bahan ini juga ada pada komposisi sampo, lho. Zat ini yang menghasilkan busa pada pasta gigi dan juga sampo. SLS memiliki isu mampu membuat anda terkena kanker namun karena tidak ada butki yang valid mengenai pernyataan itu maka telah disimpulkan bahwa akibat palng berbahya ahanya akan membuat mulut anda sariawan. 
Itulah beberapa jenis bahan yang ada dalam pasta gigi dan bisa saja berbahaya bagi manusia. Semoga bermanfaat. 

0 Response to "Pasta Gigi Mengandung Bahan Berbahaya? Kenali 4 Jenisnya"

Post a Comment