6 Cara Mencegah Sariawan di Mulut Agar Tidak Balik Lagi

Kesehatan Mulut - Sariawan merupakan salah satu jenis penyakit yang sangat menyiksa. Saat terkena sariawan maka anda akan sangat tersiksa, sebab meskipun kecil, sariawan akan terasa sangat perih karena berada di bagian mulut yang akan membuat anda sulit makan dan sering terkena air liur anda. Sariawan tentunya bisa menimbulkan penyakit lain seperti dehidrasi dan juga masalah pencernaan lainnya karena anda akan sulit makan dan minum jika sariawan anda berlarut-larut.

Sairwan disebabkan oleh infeksi jamur jenis candida. Jamur jenis ini akan menyerang anda di saat tubuh anda sedang lemah kekebalan tubuhnya. Apalagi di musim pancaroba dimana hujan datang tanpa jadwal yang pasti, sariawan merupakan salah satu jenis penyakit yang sangat mudah menyerang. Bahkan setelah sembuh, sariawan akan bisa datang lagi saat itulah anda bisa terkena demam dan juga nyeri.

Cara Mencegah Sariawan di Mulut Agar Tidak Balik Lagi

Berikut cara mencegah sariawan di mulut datang kembali

1. Hindari makanan yang mengandung gula tinggi


Makanan yang mengandung gula yang tinggi sangatlah berpotensi untuk membuat anda sariawan. Sebab sisa makanan yang mengandung gula akan mudah untuk ditumbuhi jamur dan bakteri dan membuatnya infeksi. Sisa makanan inilah yang nantinya menjadi cikal bakal sariawan anda.

2. Hindari makanan dengan karbohidrat olahan

Hindarilah makanan yang instan. Apalagi jenis makanan karbohidrat olahan. Jenis makanan ini juga sama saja dengan jenis makanan dengan kadar gula yang tinggi, yang mana sangat berpotensi disinggahi jamur dan membuat sariawan mulut anda.
luka karena sariawan.

3. Rajin Berkumur

Seperti yang disebutkan diatas bahwa sariawan disebabkan oleh infeksi jamur dan bisa sangat berpotensi jika ada sisa-sisa makanan. Olehnya itu rajinlah berkumur saat anda selesai makan dan hindari untuk membiarkan sisa makanan di mulut anda tertinggal lama.

4. Konsumsi Yogurt


Anda bisa mengonsumsi yogurt sebab yogurt mengandung bakteri Lactobasillus acidophilus yang merupakan bakteri baik yang bisa memberikan kekebalan tubuh anda. Jangan lupa hindari yogurt yang mengandung gula buatan.

5. Tidur yang Cukup

Sariawan akan sangat mudah menyerang saat anda kurang fit dan juga stamina kurang baik. Hal itu tentunya mempengaruhi kekebalan tubuh anda. Olehnya itu cukupkanlah tidur anda sebanyak mungkin agar istirahat anda cukup dan anda bisa terhindar dari sariawan.

6. Hindari Alkohol

Alkohol adalah salah satu jenis minuman yang bisa sangat memicu sariawan anda. Jika anda selalu mengonsumsi alcohol maka hindarilah segera, jangan sampai sariawan anda memebsar dan akan datang lagi jika masih sering mengonsumsinya.
Itulah beberapa cara menghindari sariawan agar tidak kembali lagi. Semoga dengan penjelasan kesehatangigi.blogspot.com dapat bermanfaat dan memberi kesehatan pada mulut anda.

0 Response to "6 Cara Mencegah Sariawan di Mulut Agar Tidak Balik Lagi"

Post a Comment