5 Langkah yang Tepat untuk Membersihkan Gigi

Kesehatan Gigi - Membersihkan gigi wajib dilakukan siapa saja. Baik sudah makan atau sebelum tidur. Namun membersihkan gigi yang dimaksud bukanlah hanya menyikat gigi saja. Gigi anda haruslah dibersihkan dengan cara yang tepat sebab akan sangat banyak sumber penyakit yang ada di bakteri pada mulut dan gigi.

Membersihkan gigi juga bisa membantu menjaga agar anda bisa sehat, sebab kuman yang ada pada mulut bisa saja menyebabkan masalah lain, seperti gangguan pencernaan dan penyakit lainnya. olehnya itu di bawah ini merupakan lima langkah tepat yang bisa anda lakukan untuk membersihkan gigi.

Langkah yang Tepat untuk Membersihkan Gigi

Berikut Tindakan yang Tepat untuk Membersihkan Gigi

1. Menyikat Gigi
Menyikat gigi adalah hal yang paling sering anda lakukan. Ini merupakan salah satu langkah yang paling baik. Anda bisa menyikat gigi minimal dua kali sehari yaitu sesudah sarapan pagi dan sebelum tidur malam. Jangan langsung saja menyikat gigi setelah makan. Sebaiknya anda menunggu 30 menit setelah makan agar enamel gigi yang melembek karena asam saat makan menjadi kembali keras dan mudah dibersihkan. Jika anda rajin menyikat gigi maka mampu menyingkirkan plak dan bakteri yang menempel di gigi. Bila Anda tidak menyikat gigi, plak ini akan bercampur dengan sisa makanan dan dirubah menjadi asam oleh bakteri penyebab gigi berlubang.

Baca : Cara Benar Menggosok Gigi

2. Flossing
Setelah menyikat gigi anda bisa melakukan flossing yaitu cara membersihkan gigi menggunakan dental floss (benang gigi). Tidak semua sisa-sisa makanan bisa hilang dengan menggunakan skat gigi. Oelhnya itu menggunakan benang gigi sangatlah dianjurkan. Flossing bisa membersihkan sisa makanan dan plak yang menyelip di antara sela gigi yang sulit dicapai oleh sikat gigi. Jika plak di antara sela gigi tidak dibersihkan, akan mengeras menjadi karang gigi, dan harus dibersihkan oleh dokter gigi. Terdapat pula pasta gigi yang dapat membantu membersihkan gigi karena memiliki kandungan Microgranule yaitu butiran-butiran halus yang mampu membersihkan hingga ke sela-sela gigi dan Zinc-Citrate yang melindungi gigi dari bakteri dan plak hingga 24 jam, terinspirasi dari fungsi dental floss dan mouthwash.

3. Atur Pola Makan
Sebaiknya anda juga mengatur pola makan anda. Hindari makanan yang mengandung gula berlebih dan hindari pula yang bisa merusak gigi seperti makanan yang terlalu panas dan yang terlalu dingin. Jika itu terjadi maka anda bisa saja memiliki gigi yang rusak dalam waktu yang singkat.

4. Rutin ke Dokter Gigi
Anda tidak harus mengunjungi dokter hanya karena gigi anda bermasalah dan ada keluhan. Anda bisa memeriksakan gigi anda ke dokter dengan rutin hanya untuk mengecek kondisinya. Sebab tidak semua penyakit gigi bisa diketahui gejalanya.

5. Berkumur dengan Obat Kumur Antibakteri
Anda juga bisa menggunakan obat kumur yang mengandung anti bakteri. Anda bisa membelinya di toko dan apotik. Pelajarijuga cara memilih obat kumur yang baik untuk kesehatan mulut dan gigi. Setelah sikat gigi sebaiknya anda berkumur sesuai petunjuk yang ada dalam botol obat kumur anda.

Itulah beberapa dari cara membersihkan gigi dengan baik. Selamat mecoba.

0 Response to "5 Langkah yang Tepat untuk Membersihkan Gigi"

Post a Comment