5 Alasan Gigi Rusak Dicabut Mesti Diganti Gigi Tiruan

Kesehatan Gigi - Jika anda pernah punya masalah gigi hingga harus mencabutnya, artikel ini mungkin bisa memberikan sedikit informasi kepada anda mengapa gigi yang rusak dan telah dicabut harus diganti dengan gigi tiruan. Walaupun dokter gigi sebenarnya lebih ingin mempertahankan gigi asli di beberapa kasus alternatif inilah yang bisa anda gunakan. Di bawah ini merupakan lima alasan mengapa seseorang sebaiknya mengganti giginya yang rusak dengan gigi tiruan.

Alasan Gigi Rusak Dicabut Mesti Diganti Gigi Tiruan

Berikut Alasan yang Tepat Mengapa Gigi Ompong dan Rusak Harus Diganti

1. Ompong
Saat anda memiliki gigi ompong di bagian depan, maka saat anda tersenyum akan mengganggu estetika dari susunan gigi anda. Maka gigi di bagian belakang juga akan kelihatan. Olehnya itu menggunakan gigi tiruan untuk menutupi bagian depan gigi anda sangatlah dianjurkan untuk menjaga penampilan anda dalam bersosialisasi di depan publik.

2. Kenyamanan makan
Saat ada gigi yang hilang karena dicabut tentunya saat anda menyantap makanan akan membuat ada sulit mengunyah. Inilah yang membuat anda akan merasa tidak nyaman saat makan. Selain itu jika anda hanya mengunyah di tempat dimana gigi anda masih lengkap maka gigi yang sering digunakan juga berpotensi berkarang gigi sebab menumpuknya sisa makanan di gigi tersebut. Olehnya itu menggunakan gigi tiruan sangat dianjurkan agar frekuensi mengunyah sisi gigi bisa seimbang.

Baca juga : Cara Merawat Gigi Palsu

3. Perubahan Posisi
Jika ada gigi bagian samping gigi yang dicabut dan tidak diganti dengan gigi tiruan. Maka akan menjadi sangat beresiko posisi gigi anda bisa berubah. Gigi yang bergeser itu juga bisa miring dan bila yang hilang adalah gigi bawah, maka gigi lawannya di rahang atas akan “turun” dan terlihat lebih panjang karena tidak ada lagi yang menahannya. Gigi yang miring atau renggang dapat membuat makanan lebih mudah terselip dan dapat berujung kepada karies gigi.

4. Mempengaruhi kerja otot
Saat terjadi perubahan posisi gigi maka akan mengganggu harmonisasi oklusi (gigitan) gigi geligi rahang atas maupun bawah. Karena perubahan itu maka kerja otot-otot yang bertugas membuka dan menutup rahang serta sendi rahang akan menjadi tidak seimbang. Jika terjadi secara terus menerus dan dalam jangka panjang akan menyebabkan kelainan pada sendi rahang (TMD/Temporomandibular Disorder). Gejala yang dapat terjadi pada kelainan ini bervariasi, mulai dari tidak nyaman saat membuka dan menutup mulut hingga sakit kepala yang tidak jelas penyebabnya.

5. Terlihat Tua
Tentu saja saat anda mengalami kehilangan gigi dan tidak diganti anda akan terlihat lebih tua dari usia anda. Hal ini dikarenakan tulang rahang pada lokasi gigi yang hilang akan mengalami aus, dan tidak lagi dapat menahan pipi dan bibir. Contoh ekstrimnya adalah pada orang lanjut usia yang semua giginya sudah hilang, pipinya terlihat kempot dan bibir tampak mengkerut.

Lihat : Biaya Pasang Gigi Palsu Permanen dan Lepasan

0 Response to "5 Alasan Gigi Rusak Dicabut Mesti Diganti Gigi Tiruan"

Post a Comment