Manfaat Daun Sirih Terhadap Kesehatan Gigi, Gusi dan Mulut

Kesehatan Mulut - Daun sirih sejak jaman nenek moyang selalu dijadikan sebagai bahan untuk merawat gigi. Banyak sekali orang di jaman dulu dengan santai mengunyah daun sirih dan mengoleskannya pada giginya setiap saat. Hal tersebut bukannya tanpa alasan, namun daun sirih memanglah memiliki banyak sekali manfaat.

Banyaknya manfaat daun sirih ialah antara lain merupakan pencegahan resiko diabetes. Kandungan yang ada di dalamnya mampu memberikan manfaat yang baik bagi tubuh. Bukan hanya bagi tubuh secara keseluruhan namun anda harus tahu bahwa manfaat yang dapat diambil dari daun sirih sangatlah baik untuk kesehatan gigi, gusi dan mulut.

Manfaat Daun Sirih

Dibawah ini merupakan beragam manfaat daun sirih yang perlu anda ketahui agar anda juga bisa mengaplikasikannya jika mengalami masalah dengan gigi anda.

Khasiat Daun Sirih Untuk Kesehatan Gigi, Gusi dan Mulut

1. Membunuh bakteri
Kandungan fluoride dari pasta gigi merupakan keunggulan pertama yang dimiliki pasta gigi dalam memperomosikan produknya. Flouride memanglah baik untuk gigi namun fungsinya tidaklah sempurna. Ia hanya mampu mencegah perkembangan bakteri namun tidak mampu membunuh bakteri yang telah ada. Kandungan esensial fenolnya bukan saja baik mencegah tumbuh kembangnya bakteri namun juga mampu membunuh bakteri yang telah lama bersarang dalam mulut. Hal ini membuat gigi bisa selalu terbebas dengan bakteri yang membuat gigi menjadi tidak sehat dan tempat bersarang penyakit.

Baca juga : Cara Alami Menghilangkan Bakteri Dalam Mulut

2. Mencegah radang gusi
Radang gusi bisa terjadi bukan hanya karena bakteri. Namun juga karena tidak diperhatikannya berbagai tindak pencegahan seperti rajin membersihkan gigi. Daun sirih bisa mencegah radang gusi dengan kandungan perangsang air liur yang bisa bermanfaat menetralkan bakteri penyebab radang. Selain itu, gusi yang berdarahpun mampu mudah diatasi karena daun sirih juga bisa menghentikan pendarahan dengan cepat

Lihat juga : Gejala Gusi yang Harus Diwaspadai

3. Mencegah dan mengatasi bau mulut
Seperti yang di artikel sebelum-sebelumnya mengatakan bahwa bau mulut lebih banyak disebabkan oleh sisa makanan yang menempel dan bersarang hingga menyebabkan timbulnya bakteri. Karena daun sirih mampu dengan cepat membunuh bakteri secara cepat maka tentunya mulut anda juga akan mampu bersih dan tidak lagi berbau seperti sebelumnya. Bau mulut tentunya akan mengganggu dan mengatasinya tidak dengan cara alami akan berisiko. Itulah sebabnya daun sirih merupakan solusi yang tepat untuk mengatasi bau mulut.

Artikel Lainnya : Cara Membersihkan Gigi Hingga ke Sela-Sela Terdalam

Itulah beberapa manfaat dari daun sirih. Namun anda juga harus mengingat untuk tidak menggunakannya secara berlebihan, sebab daun sirih juga bisa berbahaya bagi tubuh anda. Janganlah juga dengan seenaknya mencampurkan daun sirih dengan bahan yang tidak begitu penting.

Selamat mencoba bagi anda yang ingin merasakan manfaat daun sirih. Semoga manfaat daun sirih lainnya seperti mencegah diabetes dan juga penyakit seperti radang juga bisa memberi manfaat kepada anda. Terima kasih.

0 Response to "Manfaat Daun Sirih Terhadap Kesehatan Gigi, Gusi dan Mulut"

Post a Comment